12 Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara Lengkap


Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara - Sulawesi Utara merupakan Provinsi yang banyakan akan seni budaya, baik dari segi pakaian adat,tarian tradisional,hingga alat-alat musinya. Provinsi ini terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota Manado, penghuni Sulawesi Utara kebanyakan besar berasal dari Suku Minahasan,Suku Mongondow,dan Suku Sangir.

Provisi Sulawesi Utara juga berbtasan dengan Provinsi Gorontalo yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari Provinsi Sulawesi Utara, masyarakat juga memiliki semboyan ‘SI Tou Timou Tumou Tou. Selain itu di Provinsi tersebut juga nampak beragam alat musik tradisional yang beragam dan hingga kinipun masih tetap dimainkan.

Saya sebagai penulis akan memberikan kepada anda sedikit, contoh alat musik tradisonal yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara.

Berikut Alat Musik Tradisionals yang berada di Provinsi Sulawesi Utara

Bansi

Bansi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara, terbuat dari bahan bambu dan terdapat luabang-lubang nada bibagian sisi bambu. Alat ini biasanya digunakan sebagai alat untuk mengiringi melodi lagu-lagu daerah yang berada di Sulawesi Utara.

Alat musik Bansi juga terdapat di Daerah Provinsi Sumatra Barat, jika disana alat musik Bansi mempunyai lubang berjumlah 7 yang memiliki sara yang berbeda-beda, namun kegunaan alat musik sama persi dengan Basi yang berada di Sulawesi Utara yaitu digunakan untuk mengiringi lagu-lagu nasional dan lagu daerah.

Kolintang

Alat musik Kolintang sangat banyak di Indonesia, contohnya saja Kolintang yang berasal dari Sulawesi Utara yang mwmpunyai perbedaan yaitu dari bahan alat musiknya yang terbuat dari kayu wenang,kayu cempaka,kayu bandaran,dan kayu telor, kayu tersebut merupakan kayu yang sangat ringan yang akan menghasilkan suara-suara yang lebih nyaring jika digunakan untuk pembuatan Kolintang.

Kolintang Sulawesi Utara berkembang di daerah Minahasa yang dulunya Kolintang mempunyai suara tong dalam arti nada yang rendah, ting dalam arti nada yang tinggi dan tang dalam arti nada biasa, dalam bahasa daerah yang berarti ajakan ( mari kita lakukan “tong”ting”tang” ), yang dimainkan dengan cara memukul bilah kayu yang ada di hadapan pemain musik dengan tongkat yang terbuat dari bahan kayu.

Alat musik Kolintang biasanya dimaikan dalam acara tarian daerah seperti tari Tatengesan dan tari Lenso.

Kanda

Kanda merupakan alat musik yang dimain dengan cara dipukul menggunakan tangan atau orang jawa menyebutnya denga cara ditabuh menggunakan ujung jari Ibu ke arah membran Kanda. Membran Kanda biasanya terbuat dari kulit binatang seperti,kambing,api,dan rusa.

Momongan

Momongan atau sering disebut dengan Gong Pperunggu yang merupakan alat musik yang berasal dari Tomohon, Minahasa,  Sulawesi Uatara. Alat musing Momongan merupakan alat musik terbuat dari bahan perunggu, yang bisa menghasilkan suara dengan cara dipukul mengguanak alat pukul tertentu.

Salude

Alat musik Salude yang berasal dari Ssulawesi Utara merupakan alat musik yang terbuat dari bahan bambu dengan ruas yang besar dan bagian sisi bambu terdapat lubang dan Bambu besar yang terdapat dalam Salude berfungsi sebagai resonator alat untuk memperbesar dan memperbaiki kualitas suara yang dihasil.

Salung juga dilengkapi dengan dawai yang terbuat dari kulit ari bambu yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan pelepah pinang.

Oli

Alat musik Oli biasanya ditemukan di kebudayyan masyarakat Melayu yang meskipun nama alat tersebut ada kemungknan besar berbeda.

Alat musik Oli yang berasal dari Selawesi Utara terbuat dari bahan dasar bambu, alat musik ini sudah dilindungi oleh pemerintah dan juga semua berharap agar para generasi muda selanjutnya mengenali alat musik tradisional Oli.

Olei biasanya digunakan dalam acara pagelaran musik dan upacara syukuran Tulide yang berada di Dearah Sangihe.

Yori

Yori merupakan alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara yang mempunyai sebuat dengan nama harpa mulut yang dimana mulut pemain bertindak sebagai alat resonator nada. Sedangkan dengan tai Yori berguna sebagai pengatur tinggi nada.

Alat musik Yori merupakan alat yang sangat mistis karna alat ini kerap demain dengan Suku Kulawi pada saat gerhana bulan dan gerhana matahari.

Bimba

Gimba merupakan alat musik yang bentuknya menyerupai bentuk alat musik gendang, namaun Gimba lebih panjang dan agat bulat dari pada gendang.

Lalove

Alat musik Lalove merupakan alat musik yang dimaikan dengan cara ditiup dan digunakan sebagai alat musik pengring acar seperti tari tradisional,dan bahkan alat musik ini juga berguna sebagai alat musik penyembuh orang yang kerasukan sosok roh.

Sasesahang

Sasesahang merupakan alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara yeng memiliki bentuk tubuh seperti garpu tala berujung runcing yang terbuat dari ruas bambu,dan nada yang dihasilkanpun tergantung pada ruas tabung bambu tersebut.

Bambu yang digunakan untuk membuat Sasesahang kemudian dibelah sedemikian rupa kemudian dibentuk runcing seperti paruh burung atau garpu, suara yang dihasilkanpun sangat lembut didengar.
Biasa intrumen ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kayu yang berlapiskan karet.

Arababu

Alat musik Arababu merupakan alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara yang mempunyai bentuk seperti Rebab, dan bahakan cara memainkannyapu juga sama, alat musik Arababu berkembang pada semenjak kedatangan pedagang Arab yang masuk ke Indonesia dan modifikasi hingga akhirnya tercipta alat musik Arababu.

Arababu ini merupakan alat musik yang terbuat dari tempurung kelapa dan kulit binatang sebagai resonator, dan mempunyai satu dawai yang dimaikan dengan cara digesek menggunakan tangkai gesek dari bambu.

Alat ini biasanya dimainka secara bersamaan denga alat musik daerah Maluku seperti Tifa,Gong, karena suaranya mempunyai nuansa Melayu yang cocok sekali dengan sajian musik dari Daerah Timur.

Tatengkoren

Tatengkoren adalah alat musik tradisional yang berasal dari bambu, biasanya alat ini dimainakan oleh sekelompok para petani Minahasa yang berguna untuk menghibur lara,dan sebagai pengusir hama-hama satt berada disawah.

Selain sebagai alat musik, nama tatengkoren juga merupakan sebuah tarian yang emngungkapkan suatu kebiasaan kelompok petani dideasa Minahasan ketika selesai melaksanakan aktifitas dikebun, sambil intirahat petani tersebut sambil memukul-mukul bambu yang disebut dengan Tatengkoren.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "12 Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara Lengkap"

Post a Comment