Alat Musik Tradisional Kota Bali


Alat Musik Tradisional Kota Bali - merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut,Bali beribukotakan Denpasar, selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Bali juga terdiri dari Pulau Nusa Lembonga,Pulau Nusa Penida,Pulau Nusa Ciningan dan Pulau Serangan. Bali teretak di antara beberapa Pulau di Jawa dan Pulau Lombok.

Bali juga merupakan salah satu Daerah di Indonesia yang  telah dikenal dengan wisatanya yang sudah mendunia, dengan panorma alamnya yang menjadi salah satu daya tari orang-orang turis. Bukan hanya wisatanya bahkan dengan budaya adat yang sangat ketal dengan masyarakatnya, seperti rumah adat,alat musik dan semua itu maih terjaga dengan baik sapi sekarang.

Maka dari itu sebagai masyarak Indonesia kita harus saling menjaga dan melestarikan warisan bangsa yang harus tetap dijaga. Banyak sekali kebudayaan yang berada di Negara Indonesia, mualai dari Sejata tradisional,Tarian Adat Tradisional,Rumah Adat Tradisional,Pakaian Tradisional, dan yang biasa kita nikmati sekaligus kita mainkan nyaitu alat musik tradisionalnya yang berada dibeberapa daerah tertentu di Indonesia,

Dalam artikel ini saya akan memberikan kepada anda sedikit pengertian alat musik yang berasal dari Daerah Bali yang sangat cukup populer itu. Sejumlah alat musik yang berada di Bali juga terdapat di beberapa daerah tertentu, namun alat musik yang berasal dari Daerah Bali juga terdapat sejumlah perbedaan alat musik tradisionalnya.

Berikut Alat Musik Tradisional yang Berasal Dari Provinsi Bali

Ceng-Ceng

Ceng-Ceng merupakan alat musik yang berasal dari Daerah yang dimainkan menggunakan dua cara berbeda, yang pertama dalam Ceng-Ceng ricik yang berukuran kecil berjumlah enam buah simbal di pasangkan menghadap ke atas balok yang berbentuk kura-kura, dan kemudan dipadukan dengan dua buah simbal kecil yang sma-sama dimainkan dengan kedua tangan. Kedua hanya memainkan dengan memadukan kedua simbal tersebut.

Alat musik tradisional Ceng-Ceng berupa dua belah keping simbal yang terbuat dari bahan logam kuningan , dan juga menghasilkan suara ceng dengan ritme tertentu, yang berguna sebagai pelengkap sebuah gamelan dalam tubuh rindik. Ceng-Ceng biasanya dimainkan sebagai acara keagamaan Hindu.

Bali, dan juga dapat digunakan sebagai alat pelengkap pertunjukan gamelan Daerah Bali.
Cara memainkan Ceng-Ceng umunya dimainkan dengan cara tembaga pada bagian atasnya dipukul ke bagian tembaga bundar pada bagian bawah Ceng-Ceng. Dengan demikian akan menimbulkan suara Ceng Ceng, pemain akan memegang kedua bagian atas dengan menggunakan kedua telapak tangan, ketika kedua logam tersebut saling beradu atau berbenturan, makan akan terdengar suara yag nyaring dan keras, dan juga khas suara Simbal Provinsi Bali.

Genggong

Genggong meupakan alat musik tradisional Bali yang dimainkan dengan cara ditiup pada bagian membarannya yang sehingga menghasilkan bunyi getar dengan suara mirip Katak/Kodok, jika ngin mengoleh suara Genggong bisa memanfaatkan benangnya, dengan cara ditari ke samping dan memanfaatkan rongga mulut untuk meniup sebagai salah satu resonator untuk memperbesar dan mengecilkan suar Genggong yang kalian inginkan.

Genggong ini masih sering dimainkan pada saat acara-acara hiburan, yang seperti acara pernikahan adat maupun saat pertunjukan seni tari, dan Genggng juga digunakan sebagai alat musik pengiring.
Aalat musik Genggong terbuat dari bahan pelepah pohon enau yang sudah tua, dan alat musik ini juga diganakan sebagai souvenir yang berupa kerajinan-kerajianan yang berasal dari Daerah Bali.


Pereret

Alat musik tradisional Daerah Bali yang satu ini disebut dengan alat musik Pereret  terbuat dari bahan kayu dengan bentuk memanjang yang menyerupai bentuk terompet.  Secara spiritual alat musik Pereret memiliki kekuatan gaib yang bisa dipercaya sebagai pengasih,atau menghantar cinta seorang pejaka kepada gadis yang sangat dicintainya. Pereret juga sering digunakan dalam acara untuk mengiring pertunjukan Sewo Gati.

Rindik

Rindik merupakan alat musik yang digunakan dalam acara tarian rakyat Joged Bumbung,penyambutan tamu,upacar pernikahan,dan alat untuk melengkapai kegiatan wisatawan yang sedang bersantai ataupun sersantap di Daerah Bali.

Alat musik ini terbuat dari bahan bambu yang tidak mudah pecah,diletakkan berjajar dengan jumlah 11 sampi 13 batang, dan pada setiap batang tersebut menciptakan suara yang berbeda. Alat musik ini sangat mirip dengan alat musik tradisional Kolintang.

Pemain alat musik Rindik dibedakan menjadi dua macam, yaitu pemain yang pertama berfungsi untuk memainkan pokok lagu, dan pemain yang kedua berfungsi untuk memainkan alat Sangsih, dan apa bila kedua pemain tersebut dipadukan maka akan menghasilkan suara yang harmonis.

Rindik biasanya dimainkan dengan kedua tangan, pada tangan kanan berfungsi sebagai alat memainkan kotekan dan tangan kiri berguna sebagai alat memainkan melodi, sehingga apabila digabungkan akan menjadi suara yang sangat merdu.

Gamelan

Gamelan bali mempunyai seperang alat musik seperti Kempu,Gong,dan Kendang yang berguna sebagai alat musik pengiring tarian tradisional,pertujukan wayang kulit,dan pertunjukan khusus seni suara yang beradi di Daerah Bali. Alat musik Galeman Bli tidak menggunakan alat musik yang berapa Gendang, dan alat musik Gamelan Bali terbuat dari bahan logam dan tembaga.

Gamelan Bali ini dikelompokkan menjadi tiga bagian yag diantaranya gamelan tua,gamelan madya dan gamelan baru. Dalam kelompok gamelan tua terdapat instrumen yang seperti Saron,Gong,Luwang,Selonding besi,Selonding kayu,Gambang,Angklung,Gender wayang dan Kelentang. Pada gamela madya terdapat instrument yang seperti Pelegongan,Pengambuhan,Gong gangsa jongkok,Ringdik gandrung,Semar pagulingan,Joge pingitan. Pada gamelan baru terdapat instrument seperti Joged bung-bung,Gong suling,Pengarjaan,Angklung bilah tuju,Gong kebyar,dan Pejangeran

Grantang

Alat musik Geantang yang berasal dari Bali ini memang cukup terkenal dan sering digunakan dlam kegiatan gamelan,Gerantang ini terdiri dari beberapa potongan yang disusun berderajat dan dimainkan menggunakan dua alat khusu.
Gerantang dibuat dengan Bambu yang mempunyai panjang 45-94cm, dan pada bambu diberi lubang yang berfungsi sebagai alat pemaduan Gerantang.

baca juga :
12 Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara | Lengkap
Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat | Bersejarah
Alat Musik Tradisional [NTB] Nusa Tenggara Barat



Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Alat Musik Tradisional Kota Bali"

  1. Hi bro...
    Lagi berkunjung siang ni...
    Lagi browsing info soal Bali, trs sampe kesini.
    :)
    Keren tulisannya, ditunggu tulisan selanjutnya ya pren.
    Mampir balik kesini ya bro...

    ReplyDelete