Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat

Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat - dulunya Papua Barat ini bernama Irian Jaya Barat yang berdiri atas dasar UU No.45 pada tahun 1999 yang berbatasan langsung dengan Provinsi Papua di sebalah Timur, di sebelah Selatan dengan lat Banda,Provinsi Maluku,selebah Utara berbatasan dengan Samudra pasifik dan sebelah bara berbatasan dengan laut Seram.

Pada tahun 2007 tanggal 18-04-2007 Irian Jaya Barat berubah menjadi Provinsi Papua Barat yang berdasarkan Nomer 24, yang mempunyai lambang Leher dan Kepala Burung Kasuari yang menghadap kekanan dalam bidang lingkaran hijau yang berwakna bahwa Provinsi Papua Barat secara geografis terletak di wilayah leher kepala burung Pulau Papua, dan sekaligus mempunyai filosofi keberanian,ketangguhan,kekuatan dan ketahan menghadapi tantangan pembangunan dimasa depan serta bekeyakinan bahwa denga  semangat kesatuan dan persatuan.

Namun bukan itu saja seperti yang kita ketahun Provinsi Papua Barat juga banyak memiliki keunikan yang berbagai macam penduduk dan suku aslinya,rumah-rumah adat yang unik dan juga alat musiknya yang amat banyak dan mempunyai suara yang indah.

Nah pada artikel ini saya akan memberikan sedikit macam-macam dan pengertian tentang alat musik tradisional yang berasal dari Povinsi Papua Barat, beberapa waktu yang lalu Kisplus juga memberikan sedikt pengertian tentang alat musi tradisional Jawa Timur, dan sekarang waktunya aya akan memberikan pengertian tentang alat musik tradisional yang berasal dari Papua Barat.

Alat musik tradisional Papua Barat

Tifa

Alat musik ini berbentuk seperti jam pasir pada bagian tenganya mengecil dan pada ujung alat musik tifa ditutupi dengan kulit biawak yang dicampur dengan getah damar yang berada dibeberapa titik untuk mengukur nada alat musik tifa.

Alat musik ini mempunyai sebutan pada orang Biak disebut dengan Sirep,di sentadi disebut dengan Wachu dan pada orang Malin Amun disebut dengan Tifa, alat musik Tifa berkembang dibeberapa suku di Papua, namun dari perkembangan zaman alat ini telah menjadi alat musik identitas dari masyarakat Papua.

Tifa biasanya digunakan untuk mengiringi Tarian Perang dan beberapa tarian daerah lainnya seperti Tari Lenso dari Maluku yang diiring juga dengan alat musik tradisional Totobuang.

Atowa

Atowa merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara menggunakan dua tangan, tangan yang kiri memegang badan Atowa dan tangan yang kanan menabuh dengan cara dipukul agar menciptakan irama yang indah.

baca juga :
Alat Musik Tradisional [NTB] Nusa Tenggara Barat
Alat Musik Tradisional Kota Bali
12 Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara | Lengkap

Butshake

Alat musik Butshake merupakan alat musk yang berasal dari Suku Muyu, Kabupaten Merauke,Papua Barat. Butshake terbuat dari bahan bambu dan buah kenari yang memiliki suara gemericik pada saat diayunkan atau juga bisa dengan dikocok menggunakan tangan pemain.

Krombi

Krombi atau juga sering disebut dengan sebutan Kerombi yang merupakan alat musik tradisional Papua Barat, yang bisa ditemukan di Daerah Kampung Seremuk Sorong Selatan , Krombi ini terbuat dari bahan bambu.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan berkolaborasi dengan alat musik lainya seperti Nailavos,Karapra,dan pikon, yang dimainkan sebagai pengiring tarian pada pesta adat bakar batu.

Paar dan Kee

Alat musik Paar dan Pee mempunyai fungsi sebagai penutup kelamin para kaum pria adat Papau, Paaryang berasal dari labu kering sedangkan Kee berasal dari bahan tulang burung kasuari.
Meskipun Paar dan Kee digunakan untuk menutupi alat kelamin pria, alat ini juga berfungsi sebagai alat musik tadisional Papua Barat, yang dimainkan dengan cara melompat-lompat yang sehingga kedua benda tersebut bersentuhan dan meciptakan sebuah buyi yang memiliki irama tertentu.

Yi

Alat musik Yi merupakan alat musik yang mempunyai bentuk sperti seruling yang terbuat dari bahan kayu dan bambu, alat musik ini dulunya digunakan sebagai alat untuk memanggil penduduk dan juga alat sebagai pengring taian tradisional.

Cara memainkkanya pun adalah dengan cara dipukul dengan dengan keras.

Pikon

Alat musik tradisional Pikon merupakan alat musik yang berasal dari Suku Dani Provinsi Papua Barat, alat musik ini disebut sebagai alat musik yang cukup spesifik dan tidak sembarang orang dapat memainkan alat ini, dikarenakan cara memainkannya yang sangat cukup rumit sekali, dan alat ini hanya bisa dimainkan oleh kaum pria Suku Dani.

Alat musik Pikon berasal dari kata Pikonane, dalam bahasa Balem yang berarti alat musik Bunyi. Suara yang dihasilkan cenderung sumbang, dikarenakan alat musik tersebut dulunya hanya digunakan sebagai penghilang rasa penat dan suara yang dihasilkannya pun cenderung mirip dengan suara kicau burung yang tak bernada.

Namun seiringnya zaman alat musik tradisional Pikon ikut berkembang dan menghasilkan dana Do,Mi dan Sol.

Amyen

Amyen ini merupakan alat musik yang juga bisa disebut dengan terompet, alat musik ini berasal dari bahan kayu khas suku Web,kabupaten Keerom. Alat musik Amyen digunakan dalam acara peringatan tanda bahaya saat sedang terjadi perang Suku
Alat musik Amyen dimainkan dengan cara ditiup dengan keras.

Guoto


Guoto meruupakan alat msik yang berasal dari Papua Barat yang terbuat dari bahan hayu dan kulit Lembu, Guoto juga terdapat Dawar yang digunakan dengan cara dipetik menggunakan tangan pemain.


Itulah sedikit yang saya ketahui tentang Alat Musik Tradisional yang berasal dari Provinsi Papua Barat. Kita sebagai bangsa Indonesia wajib mencintai yang menyebar luaskan alat musik tradisional maupun budaya-budaya yang ada di Indonesia lainnya.

Pebagai seorang Pemuda-Pemuda dan generasi baru Indonesia tetap semangat menyebarluaskan situs-situs budaya yang berada di Tanah Air Indonesia.

 Trimaksih sudah mengunjung blog Kisplis.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat"

Post a Comment