6 Alat Musik Tradisional Jawa Timur


Alat Musik Tradisional Jawa Timur -  merupakan Provinsi Jawa yang berada di ujung Bagian Timur, Provinsi ini mayoritas masyarakatnya banyak yang beragama Islam. Selain itu, Provinsi Jawa Timur juga dikenal sebagai salah satu Provinsi yang memiliki banyak situs budaya dan juga banyak wisata yang sudah terknal di Negara tetangga.

Kebudayyan Jawa Timur meliputi senjata,pakaian adat,rumah adat,dan yang akan saya jelaskan kali ini adalah alat-alat musik tradisional yang berada di Provinsi Jawa Timur.

Kendang

Kendang atau juda bisa disebut dengan Gendang merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan. Gendang ini biasanya digunakan oleh masyarakat Jawa Timur untuk mengiringi musik yang beraliran Dangdut,Musik Jawa,dan sebagai alay untuk memandi alat musik gamelan lainnya.

Gendang dalam alat musik Jawatirmuran disebut dengan Drum, yang merupakan alat musik ditutpi dengan kulit hewan dari kedua ujung-ujung Kendang, yang disebut dengan nama lain yaitu (Gead).
Ada tida instrumen Kendang yaitu,Kendang Ketipung,Kendang Ciblon,Kendang Sabet.

  • Gendang Ketipung:

Kendang Ketipung merupakan alat musik yang mempunyai lubang apda bagian tengah ketipung yang berukuran 20cm hingga 30cm. Biasanya lat ini digunakan pada acara Keroncongan,Dangdut.
  • Kendang Ciblon

Kdang Ciblon merupakan Kedang yang sidubt sebagai Kendang Batangan yang memiliki karakteristik suara yang lebih tinggi dibangdingkan dengan Kendang-Kendang lainnya. Biasanya alat musik Kendang Ciblon digunakan untuk mengiringi musik klenengan dan iringan tari tadisional.
  • Kendang Sabet:

Kendang ini merupakan salah satu kendang yang wajib dalam sebuah acara Wayang Kulit, Sabet menghasilkan suara yang sangat kuat dan dinamis yangs untuk mengiringi gending sabet( gerakan dalam wayang tersebut).
  • Kendang Penunthung:

Penunthung mempunyai bentuk yang lebih besar dari Kendang Ketipung yang secara khusu sering digunakan untuk mengringi alat-alat musik gending seperti bonang.

Cara menggunakan Kendang

Pertama letakkan tangan kanan di Kendang yang berukuran kecil dan tangan kiri di ukuran Kendang yang besar.
Untuk bagian tangan kanan cara memukulnya dengan menggunakan jari telunjuk dan jari manis pada bagian kulit Kendang. Untang bagian tanga kiri cara memukulnya dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan jari manis serta menggunakan tangan dalam perpaduan.

Tong-tong

Tong Tong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Madura, alat musik ini biasanya dimainkan dengan peralatan berupa bambu atau disebut dengan Kkentongan yang menghasilkan irama khas. Musik ini bukan hanya sebagai perwujudan seni musik jasa melain dengan karakter budaya yang khas dan mampu beradaptasi denga masyarakat Madura.

Biasanya alat musik Tong Tong digunakan dalam acara peringatan isyarat jika terjadi peristawa yang sangat penting, misalnya saat ada pencurian,orang meninggal dan kebaran. Alat musik ini dipadukan dengan alat musik zaman sekarang yang dimaikan dengan cara bersamaan.

Angklung Banyuwangi

Angklung Banyuwangi terdi dari beberapa jenis angklung yang atara lain Angklung Paglak.
  • Angklung Paglak:

Angklung ini berasal dari Desa Kemire Kecamatan Glagah, yang dimainkan ketika sedang panen, masyarakat Desa Kemire keta waktu panen para saudara dan teman bergotng royong inkut membantu orang yang sendang panen tersebut.
Biasanya alat musik ini dimain oleh 4 orang yang terdiri dari dua pemain angklung dan 2 pemain gendang.

Bonang

Bonang merupakan alat musik yang terdiri dari sepuh hingga empat belah gong-gong kecil yang mempunyai posisi horizontal dengan sususan menderet.  Alat musik ini biasanya dibuat dengan perunggun,dilas dan dipalu besi menggunakan kombinasi logam.

Bonang dimainkan dengan cara memegang alat tabuh yang berbentuk bulat dan panjang dengan pukulan yang serasi dan membuat suara yang khas, Bonang sendri terbagi dalam beberapa jenis yaitu Bonang Penerus,Bonang Penembang,Bonang Barung.

Angklung Reog Ponorogo


Angklung Reog yang merupakan alat musik bersal dari Ponorogo Provinsi Jawa Timur, yang merupakan alat musik terbuat dari bahan bambu dengan hiasan benang berwarna merah dan kuning dan mempunyai bentuk lengkungan pada bambu yang ditata dengan rapi.

Angklung Reog yang memiliki bagian ujung yang membuat satu orang pemain bisa memegang sebanyak dua buah angklung, dan memliki suara yang keras dan bergetar yang hanya mengeluarkan dua jenis nada yaitu Klong dan Klung.

Cara menggunakan Angklung Reog

Cara memainkan alat musik ini dengan cara digerakkan menggunakan tangan sehingga menghasilkan bunyi memlalui benturan bambu dan cuthij yang berfungsi sebagai alat resonator sistem nada pada alat musik Angklung Reog.

Terompet Reog Ponorogo

Terompet Reog bersal dari Daerah Pnorogo Provinsi Jawa Timur yang digunakan untuk mengiring pertunjukan seni Reog Ponorogo, yang dimainkan dengan cara ditiup. Suara yang dihasilkan juga memiliki suara yang unik dan spesial.


Alat musik Terompet Reog terbuat dari kayu,serat bambu dan tempurung kelapa yang dikasih luabng berjumlah 7 buah, 6 buah lubang  yang berfungsi untuk mengatur nada dan 1 buah lubang dipangkal yang bergunak untuk meniup Torempet Reog Ponorogo.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Alat Musik Tradisional Jawa Timur"

Post a Comment