Ragam alat musik Kalimantan Tengah Lengkap


Ragam Alat Musik Kalimantan Tengah - Hallo sobat Kisplus hampir diseluruh Indonesia mempunyai budaya-budaya yang tentunya berdeda-beda, kemari saya sudah memberikan ada tentang alat musik tradisional Kalimantan Timur dan sekarang saya memberikan refrensi kepada anda macam-macam alat musik yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Hampir Seluruh Budaya tradisional yang ada di Indonesia mepunyai semngat kolektivitas yang sangat tinggi sehingga dapat dikenali karakter khas Indonesia oleh negara-negara tentangga, maka dari itu agar tidak punah sebaiknya kita mengetahui berbagai alat musik yang berada di Indonesia tersebut, namun jangan hanya mengetahinyai kita juga harus melestarikan dan ikut bangga walaupun kita bukan pemain dari alat musik tradisional tersebut.

Alat musik tradisional yang berasal ari Provinsi Kalimantan Tengah merupakan alat musik jepen, jepen merupakan alat musik yang terpopuler di Provinsi Kalimantan Tengah.
Apa sajakah alat musi trasional yang berasal dari Kalimtan Tengah ini, Berikut ini:

Sarun

Sarun merupakan alat muasik yang berasal dari Suku Dayak Kalimantan Tengah yang terbuat dari bahan logam atau besi, Sarun ini dimainkan dengan cara menabuh secara bergantian pada setiap lempeng-lempeng besi atau logam yang menghasilakan nada yang kita inginkan.

Alat musik Sarun mempunyai lempengan besi yang terdiri dari lima buah, sehingga memiliki nada, do,re,mi,so,la, yang berbeda.  

Kangkanung

Alat musik Kangkanung sama halnya dengan lat musik Kenong yang terbuat dari bahan logam atau kayu. Biasany alat musik ini dilakuakn dalam acara pengiringan tarian,lagu,dan acara-acara sakral yang dimainkan bersama dengan gong. Kangkanung juga berfungsi sebagai alat musik pemberi tanda bahaya,alat untuk menilai suatu barang atau jasa,dan alat tukar sistem barter.

baca juga :
12 Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara | Lengkap
Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat | Bersejarah
Alat Musik Tradisional Kota Bali
Alat Musik Tradisional [NTB] Nusa Tenggara Barat

Jepen

Alat musik Jepen sama halnya dengan alat musik Kecapi yang dimana dimainkan dengan cara dipetik dengan nada yang dihasilkan pleh instrumen Jepen juga mirip dengan nada yang dihasilkan oleh Kecapi. Alat musik ini mempunyai dawai yang memhasilkan petikan buyi yang akarab dengan Budaya Tionghoa.

Katambung

Katambung merupakan alat musik perkusi yang terbuat dari bahan kayu ulin berbrntuk bulat memiliki panjang 75cm dengan diameter 10-18cm. Katambung yang berasal dari Suku Dayak Kalimantan Tengah yang berarti “pukul”, alat musik yang dilakukan dengan cara dipukul.

Para pemain Katambung jika ingin menghasilkan bunyi harus menggunakan jari-jari kanan sementara tangan kiri memegang badan Katambung dengan posisi jari menjulur kedepan, sedangkan pada bagian tengah Katambung cukup hanya dengan disangga menggunakan alat bantu katu. Biasa alat musik ini digunakan dalam acara uapacara penyambutan tamu atau biasa digunakan pada acara kematian masyarakat Dayak Kalimantan Tengah.

Salung

Salung merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kayu dengan bilih-bilah kayu tersebut dibentuk dan disusun diatas sebuah kotak resonasi yang sesuai dengan urutan nadanya. Salung ini merupakan alat musik dari Provinsi Kalimantan Tengah yang dimainkan dengan cara dipukul menggunkan bahan dasar kayu yang sebanyak dua buah, dan pada bagian ujungnya diberikan tonjolan bundar supaya suara yang dihasilkan oleh Salung lebih nyaring.

Gandang Tatau

Gandang Tatau merupakan alat musik yang berasal dari Kalimantan Tengah yang merupakan alat musik besar dan panjang 2m, alat musik ini merupakan alat yang dimainkan dengan cara ditepuk menggunakan telapak tangan pada bagian membranya. Membra tersebut tebuat dari bahan kulit hewan rusa,sapi,dan kulit hewan ular piton.

Alat musik Gandang Tatau biasanya dimainkan pada acara adat,upacara wara,upacara bantang,upacara tiwah,dan juga upacara penyambutan tamu yang sangat agung.

Garantung

Garantung merupakan alat musik Gong dan Agung sebagai alat musik dalam komplek idiophone yang terbuat dari bahan logam,kuningan,besi,dan perunggu. Alat musik ini dulu dibawan oelh seorang pedagang dari Jawa yang datang ke Kalimantang Tengan yang mempunyai hubungan antara pedangan di Kalimantan dan pedagang dari Pulau Jawa.

Alat musik ini berasal dari Suku Dayak Kalimantan Tengah yang mempunyai empat jenis dengan lima nada dasar yang masing-masing nada tergantung dari tantawak yang berukuran kecil dan memiliki nada dasar G. Sedangkan dengan Garantung Lisung hanya mempunyai nada A.

Dalat Suku Dayak alat musik Garantung biasanya digunakan dalam acara upacara tiwak, Tari Kanjan, selain itu alat musik ini juga diguanakan sebagai salat satu alat musik yang berfungsi sebagai barang adat dan dijadikan sebagai alat tukar untuk menilai sesuatu barang atau jasa.

Tote atau Serupai

Serupai atau sering dikenal dengan nama Tote merupakan alat musik yang terbuat dari bahan buluh atau bambu kecil yang sudah dikeringkan, pada bagian salah satu sisi ujung sebelah dalamnya diberi lidah atau rit dan pada bagian sisi batang dubut dua atau tiga buah lubang,

Alat musik Tote ini dimainkan dengan cara ditiup pada bagian ujung yang diberi lidah yang menghasilkan bunyi melengking tetapi biasanya juga menghasilkan bunyi yang sangat merdu.

Suling Balawung

Alat musik Suling Balawung merupakan alat musik yang termasuk alat musik tiup, alat musik ini mempunyai lima nada yaitu Do,Re,Mi,So,la yang mempunyai nada dengan ciri-ciri khas tersendiri. Alat musik Suling Balawung berasal dari Suku Dayak yang berada di sepanjang Sungai Katingan Kalimantang Tengah.

Guriding atau Ketong

Guridng merupakan alat musik yang terbuahan dari bahan kayu Jako diambil bagian pelepahnya yang sudah mempunyai umur tua, lalu dikeringkan kan dan di potong menjadi kecil. Pada bagian tengah Guriding mempunyai membutuk lidah dan ujungnya rucing.

Suling Bahalang

Selain Suling Balawung Kalimantan Tengan juga mempunyai alat musik yag mengeyerupai suling yaitu alat musik Sulig Bahalang. Alat musik yag mempunyai tuju lubang yang terbuat dari bahan bambu yang sudah dikeringkan.

Kecapi

Alat musik Kecapi merupakan alat musik yang mempunyai bentuk unutk yang mirip seperti burung Enggang, yaitu merupakan hewan sakral bagi masyarakat Suku Dayak. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Tengah yang dimainkan dengan cara dipetik,mempunyai dawai dua jenis.

Alat musik Kecapi Kalimantan Tengah terbuat dari bahan kayu yang ringan berasal dai kayu Hanjalulung dan mempunyai dawai yang terbuat dari bahan kulit kayu. Namun pada zaman kerang 

dawai-dawai tersebut terbuat dari bahan kawat dan benang nilon.

Biasanya alat musik ini gunakan pada saat acara pengiringan tari tradisional Kalimantan Tengah, nyayian tradisional,dan juga pada saat acara penyambutan tamu kehormatan.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Ragam alat musik Kalimantan Tengah Lengkap"